Pages

Selasa, 04 Desember 2012

Cara mengidentifikasi kerusakan sound pada Laptop


Ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengidentifikasi kerusakan pada sound Laptop anda, antara lain:
  1. Cek pengaturan volume suara pada laptop anda. Jika tiba-tiba suara sound laptop tidak berbunyi maka hal pertama yang perlu sobat lakukan ialah memeriksa volume sound, mungkin saja secara tidak sengaja sobat mematikan atau megecilkan volumenya. Pengecekan dapat dilakukan dengan cara menekan tombol Fn dan icon volume (biasanya berwarna biru) secara berulang dimana tombol tersebut terdapat pada keyboard. Jika sobat kesulitan, tekan icon sound pada tray icon di pojok kanan bawah windows.
  2. Lakukan pengecekan menggunakan headset atau speaker eksternal. Jika cara pertama belum berhasil maka yang perlu anda lakukan adalah melakukan pengecekan menggunakan headset atau speaker eksternal. Nantinya headset tersebut akan ditancapkan pada socket laptop sobat. Jika ternyata headset atau sound eksternal berbunyi atau ada suara yang keluar maka kerusakan terletak pada sound atau speaker laptop Anda.
  3. Jika cara diatas tidak berhasil maka sobat perlu melakukan cek terhadap driver sound laptop anda. Cara yang paling mudah, anda dapat menginstall ulang driver sound card yang biasanya telah disediakan saat anda membeli laptop baru, biasanya berupa kepingan CD. Jika anda tidak menemukannya, anda dapat mendownload drivernya di situs resmi laptop yang anda gunakan. Namun sebelumnya, anda harus menguninstall driver sound yang telah ada kemudian install kembali driver yang Anda temukan tadi.
    cara uninstall driver :
    • klik start > My Computer > klik kanan pilih "Manage"
    • pada Computer Management, pilih "Device Manager" 
    • pilih sound, video and game controller
    • pilih salah satu tab driver audio laptop anda > klik kanan > pilih "Uninstall" .
    • selesai.
    4. Jika cara di atas tidak berhasil, maka saatnya laptop kesayangan anda di bawa di tempat service computer terdekat. :)



    by M Denny Ervianto

2 komentar:

  1. labtop saya tidak dapat megeluarka suara saya sudah mengecek pada semua yang disebutkan diatas, mengintal Windowsnya pun tidak bisa gimana caranya

    BalasHapus

yang sopan