Facebook adalah sebuah layanan
jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang
dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc.[1] Pada Januari
2011[update],
Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.[5][6] Pengguna dapat membuat
profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan,
termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu,
pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu,
diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau
karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama
buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh
administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu
sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi
pengguna terdaftar di situs ini.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan
sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris
Hughes.[7] Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas
untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di
Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara
perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk
siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia
minimal 13 tahun.
Studi Compete.com
bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan
jejaring sosial paling banyak digunakan menurut pengguna aktif bulanan di
seluruh dunia, diikuti oleh MySpace.[8] Entertainment
Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan
komentar, "Bagaimana cara kita menguntit bekas kekasih kita, mengingat ulang
tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan memainkan permainan
Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?"[9] Quantcast memperkirakan Facebook memiliki
135,1 juta pengunjung bulanan di AS pada Oktober 2010.[10] Menurut Social Media Today
pada April 2010, diperkirakan bahwa 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun
Facebook.
0 komentar:
Posting Komentar
yang sopan